Mencari Pemenang Lomba Menggunakan Rumus Excel IF dan And

Pondok Microsoft Office; dalam kesempatan ini ingin berbagai pengetahuan tentang penggunaan fungsi IF Tunggal dengan Gerbang Logika AND dalam satu penulisan rumus untuk mencari pemenang lomba.
Kadang dalam kegiatan kita sehari-hari ada suatu hal yang memungkinkan kita untuk menggunakan program Microsoft Office Excel untuk menyelesaikan masalah tertentu. Contoh kita mengadakan suatu perlombaan yang terdiri dari beberapa jenis perlombaan. Untuk menentukan pemenang dari perlombaan itu kita harus melakukan pengumpulan atau penjumlahan nilai untuk semua perlombaan yang akhirnya akan ditemukan siapa pemenangnya. data nilai tersebut akan dimasukkan dan diproses menggunakan rumus excel.
Misalnya dalam perlombaan itu ada beberapa jenis lomba yang kita pertandingkan, seperti Pidato, Baca Puisi, baca Berita, dan Adu Pantun. Agar tampak rapi dan memudahkan kita melakukan perhitungan pada jenis perlombaan di atas maka perlu di buat data tabel sebagai berikut:
Contoh tabel perlombaan
Keterangan di isi dengan Menang atau Kalah, untuk mencarinya menggunakan gabungan fungsi IF Tunggal dengan Gerbang Logika And, dengan ketentuan sebagai berikut:
>>Peserta akan menang jika mendapat masing-masing lomba yang diikuti mendapat nilai di atas 75.
>>Peserta akan Kalah jika masing-masing lomba yang ikuti mendapat nilai 75 kebawah.
Bagaimana bentuk penulisan rumusnya.......????
Pelajari rumus berikut dan cobalah. Pada cell H5 anda tulis rumus
=IF(AND(C5>75,D5>75,E5>75,F5>75),"MENANG","KALAH")
Lihat hasilnya pada tabel
Contoh Hasil penggunaan fungsi IF tunggal-And
Dari penulisan rumus excel di atas nampak hasilnya pada keterangan di tabel. Namun kalo kita lihat ternyata yang menang tidak hanya satu, agar diketahui pemenang yang tertinggi maka anda bisa menggunakan rumus Rank (untuk mencari peringkat/Ranking) pada artikel Menentukan Peringkat (Ranking) dengan rumus RANK atau dengan rumus Max (Untuk mencari Nilai Tertinggi) dalam artikel Mengoperasikan Fungsi MAX untuk mencari Nilai tertinggi dalam Microsoft Office Excel 
Demikian pembahasan Mengoperasikan Rumus Excel IF dan And  kali ini semoga menjadi alternatif kursus dan tutorial anda........
Apakah anda terbantu dengan artikel di atas??????

No comments:

Post a Comment